Selasa, 20 September 2011

Sosialisasi GNU + Linux dan FOSS di SMKN 1 Pungging

Berikut artikel yang ditulis oleh rotyyu diblognya, yang bercerita tentang Sosialisasi GNU + Linux dan FOSS di SMKN 1 Pungging pada Mei 2011 lalu.


Cerita berikut ini adalah nyata adanya, tidak ada tokoh rekaan maupun fiksi di sini. Cerita dimulai ketika Bapak Ketua Umum UKMF ITC (Information Technology Center) Didin menghubungi saya lewat ponsel. Beliau menawarkan satu perjalanan menarik ke Mojokerto, perjalanan penuh perjuangan untuk mensosialisasikan sistem operasi GNU + Linux dan Perangkat Lunak Bebas dan Sumber Terbuka. Saya juga mendapat tugas dari beliau untuk menjadi pembicara menggantikan salah seorang pembicara yang tidak bisa ikut serta karena suatu alasan. Setelah memastikan tidak ada kegiatan di hari Sabtu, 21 Mei 2011, saya dengan senang hati menyanggupi untuk ikut dalam kegiatan ini.

SMK Negeri 1 Pungging adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang terletak di Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. SMK ini menawarkan beberapa jurusan di antaranya Teknik Otomotif, Teknik Mesin Perkakas, Teknik Las, Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Sekolah ini menerapkan disiplin semi militer, sepatu yang dikenakan saja merupakan sepatu PDH. Pelanggaran yang terjadi tidak akan mendapatkan toleransi di sana, seorang siswa akan dihukum sesuai dengan pelanggaran yang ia lakukan. Demikian cerita salah seorang siswa yang sempat berdiskusi dengan teman-teman dari UKMF ITC.

Sepatunya saja mirip sepatu militer
Saya cukup kagum ketika memasuki laboratorium komputer tempat acara sosialisasi diadakan. Lab berkapasitas sekitar 30-40 orang ini sudah menggunakan Debian GNU + Linux sebagai satu-satunya sistem operasi. Cukup masuk akal karena jurusan TI yang ada di sekolah ini adalah Teknik Komputer dan Jaringan yang pasarnya masih dikuasai GNU + Linux. Walaupun sudah menggunakan Debian, ternyata antusiasme para siswa/i untuk mengikuti acara ini tidak berkurang. Siswa/i yang kebanyakan datang dari kelas 10 dan 11 ini memadati ruangan lab hingga teman-teman dari ITC harus rela berdiri.

Lab sudah menggunakan Debian
Materi disampaikan dalam tiga sesi. Sesi pertama diisi dengan presentasi bertajuk “Introduction to GNU/Linux” yang disampaikan Roni Firdaus. Materi ini diharapkan dapat memberi gambaran apa itu sistem operasi GNU+Linux untuk siswa/i yang masih duduk di kelas 10 yang mungkin saja belum mengenal sistem operasi bebas ini. Dijelaskan juga sejarah pengembangan GNU+Linux, filosfi dan idealisme perangkat lunak bebas (FOSS), kelebihan dan kekurangannya, berbagai distribusi yang ada, dan sedikit tentang masalah lisensi GPL.
Para siswa/i menyimak materi
Materi kedua bersifat lebih teknis, judulnya saja agak seram “Keamanan Jaringan Komputer”. Materi ini dipresentasikan Darul Mukhlasin dengan gaya konyol dan banyolannya yang mampu mengocok perut seisi ruangan lab. Dalam presentasinya dijelaskan tahapan, ancaman, dan cara pengamanan terhadap jaringan komputer. Mas Darul yang tukang narsis ini juga berbagi tips bagaimana mengamankan akun milik kita di jejaring sosial dengan cara memilih password yang kuat, tidak menggunakan tanggal lahir, nama pacar, kata yang ada dalam user name, dan yang pasti mudah diingat.

Pemateri Keamanan Jaringan dan Komputer
Presentasi ketiga mengambil topik seputar usaha kecil-kecilan menggunakan GNU+Linux dan berbagai perangkat lunak bebas (Free Software and Open Source Software) lainnya. Kebetulan saya sendiri yang dipercaya menyampaikan materi yang saya beri judul “Berwirausaha Dengan GNU+Linux” ini. Berbekal sedikit pengalaman dan hasil menjelajah di dunia maya saya menyampaikan beberapa cara untuk menghasilkan sedikit uang dari GNU+Linux dan FOSS. Berwirausaha dengan GNU+Linux bisa diawali dari hal-hal kecil seperti jasa instalasi Warnux (Warnet Linux), instalasi proxy squid, menjadi mentor workshop berbagai aplikasi server di GNU+Linux, hingga berjualan CD, pin, stiker, dll.

Setelah semua sesi materi lengkap dengan tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan bagi-bagi door prize dari UKMF ITC. Dan seperti biasa, yang tidak pernah ketinggalan adalah acara foto bersama seluruh peserta dan panitia acara “UKMF ITC Brings Linux to School”.

Ayo siapa yang jawab benar dapat hadiah :)
Siswa/i SMK N 1 Pungging dan angota UKMF ITC

FYI, UKMF ITC atau Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Information Technology Center adalah salah satu dari sekian Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Acara “UKMF ITC Brings Linux to School” merupakan salah satu program kerja ITC yang sudah dilaksanakan selama empat periode kepengurusan.

Oh ya, foto-foto ini diambil menggunakan kamera pas-pasan di BlackBerry Curve 8520 alias Gemini, jadi harap maklum kalau kualitasnya pas-pasan.

Sumber : Rotyyu Blog

Related Post :

1 komentar:

kurrang menarik isinya

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More